Visi, Tujuan dan Strategi Pencapaian Visi Program Studi PAI
-
- Visi Keilmuan
Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah “Mengembangkan Ilmu Pendidikan Agama Islam Berbasis Transformatif, Integratif dan nilai-nilai humanis berorientasi pada kemaslahatan umat dengan dijiwai Mujahid, Mujtahid, dan Mujadid yang unggul dan mandiri di Asia tahun 2033.” Visi keilmuan program studi Pendidikan Agama Islam yang berbasis Transformatif, Integratif dan nilai-nilai humanis berfokus pada pengembangan ilmu pendidikan Agama Islam dengan berorientasi pada kemaslahan umat.
Dalam konteks ini, program studi berupaya untuk menghasilkan lulusan yang profesional, memiliki akhlak mulia, dan dapat mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan seharihari, serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi dengan berperan aktif di masyarakat dalam mewujudkan kemaslahatan umat. Visi ini juga menggambarkan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif, meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, serta meningkatkan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Agama Islam.
Visi keilmuan prodi PAI dengan visi kelembagaan FTK sangat selaras, karena visi keilmuan prodi PAI merupakan turunan dari rumusan visi kelembagaan FTK yang sekaligus merupakan turunan dari visi Unisba.
Tujuan Program Studi dan Strategi Pencapaian Visi Keilmuan Program Studi
Akreditasi
Terakreditasi BAN-PT “Baik Sekali” No. 1509/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2021
Lama Studi & Jumlah SKS
Studi pada S1 PAI UNISBA dirancang untuk dapat diselesaikan dalam 7-8 semester dengan beban sebanyak 147 SKS dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Sasaran Kompetensi Lulusan Program Studi
-
- Terkuasainya berbagai kemampuan kognitif akademik dalam bidang pendidikan Islam.
- Terampil dalam mendinamisasi berbagai pendekatan, strategi, metoda dan teknik pembelajaran Agama Islami.
- Memiliki integritas kepribadian pendidik yang Islami.
- Memiliki komitmen, dedikasi dan loyalitas terhadap dunia pendidikan.
- Memiliki kesiapan menjadi problem solver bagi problematika pendidikan Islam.
Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan PAI-FTK Unisba meliputi empat kompetensi utama sebagai seorang calon guru dan kompetensi pendalaman agama. Keempat kompetensi utama tersebut meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial.
1. Kompetensi kepribadian
- memiliki kepribadian yang mantap dan stabil (mampu bertindak sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan konsisten dengan norma Islam yang dianutnya);
- memiliki kepribadian yang dewasa (menampilkan kemandirian dan memiliki etos kerja sebagai pendidik);
- memiliki kepribadian yang arif (menampilkan tindakan yang bermanfaat bagi peserta didik, sekolah, masyarakat, dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak);
- memiliki kepribadian yang berwibawa (memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik); dan
- memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan (bertindak sesuai dengan norma religius yakni imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik).
2. Kompetensi pedagogik
Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan dalam pemahaman peserta didik dan mengelola pembelajaran secara didaktis dan metodologis (mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar, serta bimbingan dalam pengembangan segala potensi yang dimiliki peserta didik)
3. Kompetensi profesional
Kompetensi profesional yaitu kemampuan dalam penguasaan materi tentang Agama Islam, yang tercakup di dalamnya kemampuan dalam penyampain isi kurikulum PAI untuk sekolah mulai dari Pra Sekolah sampai Perguruan Tinggi.
4. Kompetensi sosial
Kompetensi sosial yaitu kemampuan untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dan Islami dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.
Adapun kompetensi Pendalaman Agama adalah mampu mendalami/studi Islam secara komprehensif seperti pendalaman hadits dan segala yang bekaitan dengannya dan tafsir dengan segala seluk-beluknya, fiqih dengan segala kaidahnya, ilmu kalam, filsafat Islam, serta mampu menguasai kaidah-kaidah kebahasaan sebagai sumber pemahaman Islam.
Profil Lulusan
- Pendidik atau guru PAI pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah .
- Pendidik Agama Islam di lingkungan keluarga dan masyarakat.
- Pengelola pendidikan pra-sekolah/dasar/menengah, pendidikan, dan pelatihan.
- Peneliti PAI.
- Pejabat atau staf pada instansi pendidikan agama, baik pemerintah maupun swasta.