Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Dr.H.Dedih Surana, Drs., M.Ag.
Staf Tenaga Kependidikan
MUTIARA SYOBA’AH, S.T.
Konsentrasi :
- Manajemen Pendidikan Islam
- Pendidikan Agama Islam
- Pendidikan Anak Usia Dini
Pendahuluan
Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat dan sebagai dinamisator masyarakat itu sendiri. Sesuai dengan sunnatullah, masyarakat akan terus berubah dengan membawa nilai-nilai baru, terlebih lagi di era globalisasi yang sarat dengan nuansa kompetitif, orientasi mutu, keterbukaan dan jaringan kerjasama. Untuk menghadapi kondisi seperti ini sangat dibutuhkan system pendidikan yang handal.
Kini keberpihakan pemerintah terhadap pendidikan semakin besar, antara lain tampak dengan lahirnya UU RI No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, PP RI no.19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, dan UU RI No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Salah satu aspek yang belum optimal, namun sangat strategis dalam menigkatkan mutu SDM pendidikan adalah aspek manajemen pendidikan. Kebijakan-kebijakan pemerintah mengenai aspek ini tengah dirasakan dewasa ini oleh para stakeholders di bidang pendidikan, pengelola/praktisi pendidikan, kepala sekolah dan guru.
Untuk merespon kondisi tersebut, sejak tahun 1999 program Pascasarjana Unisba telah berpartisipasi dalam pengembangan SDM bidang pendidikan dengan membuka Program Magister Pendidikan Islam dengan keputusan Dirjen Binbaga Islam No. E/335/99 tanggal 20 Oktober 1999.
Tahun 2019 Magister Pendidikan Islam telah terkareditasi A – SK BAN-PT No : 2083/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2019
Visi, Misi, Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Islam
1. Visi
Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Islam yang unggul dan mandiri dalam pengembangan ilmu pendidikan berlandaskan nilai-nilai Islam di Asia tahun 2033.
2. Misi
1) Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan menjungjung tinggi etika akademik, kurikulum yang terpadu (integrated), pengelolaan yang profesional, dan menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami dengan spirit Mujahid, Mujtahid, dan Mujaddid di bidang pendidikan islam seiring tuntutan IPTEKS dan mampu bersaing di era industri 4.0. dan Society 5.0;
2) Melaksanakan penelitian yang berkontribusi positif bagi pengembangan pendidikan baik teoritis maupun praktis, normatifitas maupun historisitas sehingga melahirkan insan akademik yang kritis, kreatif, inovatif, inovatif dinamis dan mampu berdialog dengan perkembangan zaman;
3) Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dalam upaya memecahkan masalah-masalah pendidikan yang aktual dan faktual dengan menerapkan prinsip prinsip aplikatif model-model inovasi pendidikan sehingga melahirkan insan akademik yang memiliki sensifitas terhadap problematika keumatan;
4) Melaksanakan dan memperkokoh kerjasama serta mengembangkan jejaring (networking) pendidikan dengan berbagai lembaga baik swasta maupun pemerintah di dalam maupun luar negeri.
Tujuan
1) Dihasilkannya lulusan sebagai Pendidik dan ahli pendidikan yang profesional,
beriman, bertaqwa, dan berakhlak-karimah, berjiwa dan berkarakter mujahid
(pejuang), mujtahid (peneliti), dan mujaddid (pembaharu);
2) Dihasilkannya temuan dan karya ilmiah yang bermanfaat dengan wawasan dan pemahaman mendalam, serta kemampuan teoritis dan praktis dalam bidang pendidikan Islam.
3) Meningkatnya peran civitas akademika dalam membantu mengatasi permasalahan dalam bidang pendidikan Islam, dengan kamampuan metodologi, intelektual, dan
moral yang tinggi.
4) Meningkatnya keterampilan dalam mengelola dan mengembangkan berbagai lembaga dan proses pembelajaran pendidikan Islam, pada jalur Pendidikan formal dan non formal.
5) Meningkatnya jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi negeri maupun swasta untuk meningkatkan mutu lulusan, dosen, tendik dan pengelolaan program studi.