Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

  • Home
  • Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

Visi:

“Menjadi fakultas yang unggul dan mandiri dalam pengembangan ilmu pendidikan dan keguruan berlandaskan nilai Islam di Asia tahun 2033.”

Misi:

  1. Rumusan Visi FTK di atas dijabarkan menjadi misi FTK sebagai berikut;
    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Islami sesuai standar pendidikan tinggi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, bertakwa, berakhlakul karimah yang kompeten pada bidang pendidikan sesuai tuntutan perkembangan IPTEKS di Era Industri 4.0 dan Era Society 5.0 dengan spirit mujahid, mujtahid, dan mujaddid (3 M)
  2. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan di bidang pendidikan formal, non formal maupun informal pada ranah kewahyuan, pemikiran, empirik, dan historis berlandaskan nilai-nilai Islam bagi pengembangan ilmu pendidikan dan keguruan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan berlandaskan nilai-nilai Islam bagi peningkatan, pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia di berbagai lingkup kehidupan masyarakat.
  4. Memperluas kerjasama dalam dan luar negeri dengan berbagai pihak yang mendukung bagi implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi sivitas akademika FTK Unisba.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertakwa berakhlakul karimah yang kompten di bidang ilmu pendidikan dan keguruan yang berlandaskan nilai-nilai Islam dengan spirit 3 M
  2. Meningkatkan peran FTK dalam pengkajian dan pendalaman ilmu pendidikan dan keguruan, pengembangan inovasi, teori, pendekatan, model, strategi maupun metoda pendidikan yang sesuai dengan nilai Islam yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK di Era Industri 4.0 dan Society Era 5.0
  3. Mengembangkan kurikulum secara berkelanjutan sesuai dinamika dunia pendidikan di level institusi, nasional maupun internasional dan tututan perubahan dari lingkungan sepanjang sesuai dengan nilai Islam
  4. Menghasilkan temuan penelitian yang mendorong kemajuan ilmu pendidikan dan keguruan serta pembelajaran yang Islami
  5. Meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses pendidikan
  6. Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada outcome dan berdampak pada kesejahteraan umat
  7. Meningkatkan jumlah publikasi dosen dan mahasiswa pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi
  8. Mengembangkan sistem tata pamong fakultas yang memenuhi prinsip
  9. Good governance dan bernafaskan nilai-nilai Islam
  10. Meningkatkan standing akademik dosen dan peningkatan kualifikasi dan keahlian spesifik sesuai tugas, pokok, dan fungsi tendik
  11. Meningkatkan ruhul Islam secara berkelanjutan seluruh civitas akademika FTK
  12. Meningkatkan jejaring kerjasama dengan berbagai pihak untuk memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam pengembangan pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat
  13. Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam mengatasi berbagai masalah pembangunan di masyarakat berbasis nilai Islam
  14. Meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa untuk penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertaraf nasional dan internasional.

Strategi:

1. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertakwa berakhlakul karimah yang kompten di bidang ilmu pendidikan dan keguruan yang berlandaskan nilai-nilai Islam dengan spirit 3 M Strategi:

  • Menguatkan kurikulum Unisba dalam bentuk pengembangan mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan selama 7 (tujuh) semester, pesantren mahasiswa baru dan pesantren calon
  • Mengembangkan pembelajaran dengan islamic insert dalam setiap mata kuliah dalam kurikum program studi
  • Menguatkan budaya agamis di lingkungan kampus melalui penggunaan pakaian syar’iy, pembiasaan solat berjamaah, etika Islami dalam pergaulan antar civitas akademik, kajian-kajian keislaman, seminar/workshop penguatan ilmu pendidikan islam dan keguruan
  • Pengembangan berbagai pendekatan penelitian skripsi mahasiswa yang mengintegrasikan rumpun ilmu pendidikan dan keguruan dengan nilai-nilai agamis

2. Meningkatkan peran FTK dalam pengkajian dan pendalaman ilmu pendidikan dan keguruan, pengembangan inovasi, teori, pendekatan, model, strategi maupun metoda pendidikan yang sesuai dengan nilai Islam yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK di Era Industri 4.0 dan Society Era 0 Strategi:

  • Peninjauan secara berkala kurikulum program studi untuk mengadaptasi berbagai perkembangan baik kebijakan pendidikan, teori/konsep, perkembangan multisumber, multimedia, meltimetode dan penerapan teknologi informasi ke dalam teknologi pendidikan.
  • Menyelenggarakan studium generale, seminar/workshop dan presentasi akademik untuk memperoleh insight kependidikan terkait issu-issu mutakhir yang relevan.
  • Pengembangan praksis pembelajaran yang lebih konstruktivistik, konstektual dan relevan dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan yang (akan) ada di tengah masyarakat

3. Mengembangkan kurikulum secara berkelanjutan sesuai dinamika dunia pendidikan di level institusi, nasional maupun internasional dan tuntutan perubahan dari lingkungan sepanjang sesuai dengan nilai Islam Strategi:

  • Membentuk tim pengembang kurikulum program studi yang memiliki tugas secara berkala melakukan evaluasi dan rekonstruksi kurikulum dengan melibatkan stakeholder terkait
  • Melakukan bencmarking kurikulum dengan asosiasi keilmuan/program studi terkait, serta bencmarking kurikulum dengan perguruan tinggi sejenis di luar negeri

4. Menghasilkan temuan penelitian yang mendorong kemajuan ilmu pendidikan dan keguruan serta pembelajaran yang Islami

  • Melakukan kajian komprehensif tentang perkembangan ilmu pendidikan dan keguruan bersama pakar sebagai bahan untuk menyusun roadmap penelitian kependidikan dan keguruan
  • Menyusun roadmap penelitian yang dapat menghasilkan formulasi dan konstruksi gagasan kependidikan dan keguruan dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber rujukan kependidikan keguruan
  • Membentuk tim peneliti lintas keilmuan, lintas fakultas, lintas perguruan tinggi yang memiliki konsen bersama bagi kemajuan pendidikan melalui penelitian bersama

5. Meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses pendidikan Strategi:

  • Menyelenggarakan workshop pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi pengelolaan informasi berbasis internet
  • Mengembangkan model pembelajaran berbasis penggunaan teknologi pendidikan/digitalisasi pendidikan
  • Menyelenggarakan pelatihan pembuatan e-modul dan pengelolaan pembelajaran jarak jauh

6. Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada outcome dan berdampak pada kesejahteraan umat Strategi:

SAMA DENGAN DI ATAS

7. Meningkatkan jumlah publikasi dosen dan mahasiswa pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi Strategi:

  • Menyelenggarakan workshop pembuatan artikel ilmiah yang berorientasi pada publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi bagi dosen dan mahasiswa
  • Mengoptimalkan tim pengelola jurnal fakultas untuk meningkatkan kualifikasi akreditasi jurnal
  • Mengembangkan varian jurnal yang dapat mewadahi spesifikasi keilmuan untuk mewadahi kebutuhan publikasi
  • Menjadikan tahapan publikasi sebagai bagian dari penilaian proses pembelajaran pada program studi atau salah satu syarat kelulusan, terutama pada program studi pascasarjana

8. Mengembangkan sistem tata pamong fakultas yang memenuhi prinsip good governance dan bernafaskan nilai-nilai Islam Strategi:

  • Optimalisasi peran Badan Penjaminan Mutu Fakultas sebagai leading sector dan quality control pelaksanaan pengelolaan organisasi pada tingkat UPPS dan program studi
  • Memaksimalkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan Struktur Organisasi dan Tugas Pengelola (SOTP) yang sudah ditetapkan
  • Meningkatkan budaya PPEPP (penentuan standar, pelaksanaan standar, evaluasi pelaksanaan standar, dan peningkatan standar) dalam penyelenggaraan organisasi

9. Meningkatkan standing akademik dosen dan peningkatan kualifikasi dan keahlian spesifik sesuai tugas, pokok, dan fungsi tendik Strategi:

  • Memastikan selalu ada kuota universitas dalam peningkatan jenjang pendidikan dosen dan memanfaatkannya sesuai dengan berbagai pertimbangan akademik demi kemajuan fakultas/program studi
  • Menyusun support system untuk mendorong dosen meningkatkan jabatan fungsionalnya
  • Melakukan kapasitasi dosen baru/dosen muda melalui berbagai pendekatan dan pembinaan baik melalui kegiatan internal maupun eksternal dalam rangka optimalisasi tugas pokok dan fungsinya sebagai insan Tridharma dan sebagai penyiapan regenerasi pengelolaan fakultas/program studi di masa mendatang
  • Melakukan monitoring dan evaluasi atas kinerja dosen dan tendik dalam pelaksanaan tugas sebagai bahan untuk supervise

10. Meningkatkan ruhul Islam secara berkelanjutan seluruh civitas akademika FTK Strategi:

  • Sivitas akademika menerapkan berbagai prinsip ajaran Islam sebagai spirit beraktivitas melaksanakan tugas dan fungsi masing- masing
  • Mengikuti program-program peningkatan ruhul Islam yang diselenggarakan oleh Universitas baik yang diperuntukkan bagi dosen atau tenaga kependidikan atau bagi seluruh civitas akademik Unisba
  • Mengembangkan program kajian keislaman di tingkat fakultas, pengentasan BTAQ bagi mahasiswa dengan berkolaborasi dengan organisasi mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Program Studi
  • Menerapkan prinsip ajaran Islam sebagai budaya sosial akademik di lingkungan kampus

11. Meningkatkan jejaring kerjasama dengan berbagai pihak untuk memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam pengembangan pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat Strategi:

  • Meningkatkan memorandum of understanding (MoU) dan memorandum of agreement (Perjanjian Kerja Sama/PKS) yang sudah ada ke tataran implementasi
  • Menambah jejaring kemitraan penelitian dan pengabdian yang sesuai dengan core competencies fakultas dan program studi dengan mengolaborasikan kinerja dosen dan mahasiswa dengan memanfaatkan multisumber yang tersedia

12. Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa dalam mengatasi berbagai masalah pembangunan di masyarakat berbasis nilai Islam Strategi:

  • Mengembangkan program berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mandiri yang berorientasi kepada pembangunan masyarakat sesuai dengan kapasistas dan core competencies fakultas/program studi
  • Membangun jejaring kemitraan dengan pihak lain yang memiliki konsen dan sumber daya pendukung untuk mengimplementasikan program-program kongkret

13. Meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa untuk penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertaraf nasional dan internasional. Strategi:

  • Kapasitasi dosen melalui pelatihan/workshop pengembangan metode dan model-model penelitian dan PKM sosial kependidikan
  • Menjadikan penelitian dan PkM sebagai kegiatan pembelajaran mahasiswa baik melalui jalur intra kurikuler, ko-kurikuler maupun program kerja organisasi mahasiswa
  • Mengakses sumber-sumber pembiayaan penelitian dan PkM yang disediakan oleh jawatan, instansi atau lembaga pemerintah, CSR perusahaan atau sinergi program dengan lembaga non pemerintah.

Kurikulum

Kurikulum yang berlaku di Prodi PAI dan PG PAUD yaitu kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai dengan Kepemendiknas No. 45 Tahun 2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, serta mengimplementasikan Kurikulum Merdeka/Belajar Kampus Merdeka.

Lingkungan Akademik

Suatu keuntungan yang menarik bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah & Keguruan UNISBA adalah diperolehnya kehidupan kampus yang heterogen, sehari-hari selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan mahasiswa-mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan dari berbagai disiplin ilmu. Heterogenitas tersebut diharapkan dapat memacu kedewasaan pribadi sebagai seorang calon Sarjana Pendidikan Agama Islam, PG PAUD, dan Magister Pendidikan Islam yang memadai lebih cepat terwujud.