Visi, Misi & Tujuan

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan berjiwa mujahid, mujtahid, dan mujaddid.
  2. Melaksanakan penelitian yang menghasilkan pemikiran dan teori-teori baru di bidang pendidikanIslami bagi kemaslahatan umat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan dan mengembangkan kerjasama dan jejaring (networking) dengan berbagai lembaga/instansi swasta dan pemerintah di dalam maupun luar negeri.

Tujuan:

  1. Menghasilkan insan-insan pendidikan yang: a) beriman dan beramal saleh serta bertanggung jawab akan terwujudnya kemaslahatan umat yang diridhai Allah SWT; b) berakhlak luhur sehingga menjadi suri teladan dalam kehidupan masyarakat; c) berilmu, cakap, dan dapat memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi; d) mampu berdiri sendiri sebagai mujahid, mujtahid, dan mujaddid dalam bidang pendidikan.
  2. Menghasilkan temuan-temuan baru di bidang pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara melalui pencapaian kompetensi: a) menghayati dan meneliti berbagai masalah pendidikan serta pengembangannya, baik jalur sekolah maupun luar sekolah; b) menguasai dan memahami dasar-dasar problematika keislaman serta penanggulangannya; c) menguasai ilmu-ilmu bidang pendidikan dan pengajaran, secara teoritik dan praktik; d) menyusun program pendidikan dan pengajaran serta mengevaluasinya, baik jalur lembaga pendidikan formal, informal, dan non-formal;
  3. Membina lingkungan secara didaktik dan metodik melalui penguasaan: a) penyampaian tata kehidupan Islam secara didaktik dan metodik di keluarga, sekolah, dan masyarakat; b) pengamalan syari’at Islam dalam kehidupan pribadi dan keluarga sebagai suri teladan dalam kehidupan masyarakat;
  4. Menegakkan nilai-nilai Islam secara pedagogik dan andragogik berdasarkan pola kerjasama dan kemitraan.